Saturday, January 30, 2010

Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog #2

Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog #2. Pada bagian kedua ini saya ingin mengajarkan Anda lebih detil lagi tentang bagaimana mencari kata kunci (niche) yang tepat dan beberapa sumber penghasilan lainnya.

Jika Anda sudah mencoba mempraktekan semua langkah di bagian pertama, saya berasumsi sekarang Anda sudah tahu dan mengerti tentang konsep blog penghasil uang ini. Maka saya akan membahas lebih dalam dan detil lagi.

Untuk sekarang, kita tetap akan memakai blog Anda yang lama. Untuk mempromosikan blog Anda secara cepat, yang harus dilakukan adalah dengan membuat artikel dengan kata kunci yang tepat dan menarik. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
  1. Sesuaikan kata kunci dengan tema blog Anda atau setidaknya berhubungan dengannya.
  2. Kata kunci tersebut harus memiliki pemintaan pasar. Karena acuan pencarian di internet adalah Google maka kita harus mencari apa yang banyak dicari orang di google. .
  3. Kata kunci tersebut tidak memiliki banyak saingan di google.
Untuk mencari kata kunci yang tepat, yang termudah adalah mencari apa yang dicari orang di internet. Anda dapat mencarinya melalui google trends atau yahoo buzz. JIka sudah dapat, pikirkan sebuah pertanyaan mengenai topik yang sedang hangat tersebut. Misalnya jika hadiah valentine sedang ramai dibicarakan orang, maka biasanya orang akan mencarinya dengan kata "valentine gifts" atau "valentine presents".

Coba cari di google search dengan kata "valentine gifts" untuk mengetahui berapa banyak saingannya. Anda akan melihat bahwa "valentine gifts" memiliki jutaan saingan, tapi yang Anda liat sekarang bukanlah saingan yang sebenarnya, karena google akan mencari semua website yang memiliki judul dan deskripsi mengandung kata valentine dan gifts. Kita coba lebih spesifik lagi dengan menambahkan tanda kutip (") di awal dan akhir kalimat, artinya google hanya akan memunculkan website jika kata kunci tersebut berada di judulnya saja. Hasilnya... tetap banyak saingan. Usahakan cari yang saingannya kurang dari 10.000. Sekarang masuk ke google keywords, masukan "valentine gifts" dan lihat kata kunci lain yang mirip. Anda akan menemukan list kalimat yang mirip dengan "valentine gifts". Global search monthly akan menunjukan banyak orang yang mencari di google dengan kata kunci tersebut. Cari yang nilainya sedang. Jika terlalu tinggi maka saingannya terlalu banyak, jika terlalu rendah maka tidak banyak orang yang mencarinya.

Jika sudah, kembali ke google search dan cari berapa banyak website yang menggunakan kata kunci baru tersebut (jangan lupa menggunakan kutip). Jika hasilnya sedikit, kita akan lanjut dengan meneliti apakah permintaan tersebut memiliki prospek yang bagus dimasa depan, caranya masuk ke google insight dan masukan kata kunci baru tersebut. Jika grafiknya menaik, berarti permintaan akan menaik, jika turun lupakan kata kunci ini dan cari kata kunci lain.

Sekarang kita akan masuk ke google search kembali untuk menentukan berapa kuat saingan kita. Lihat 10 website yang muncul pada halaman awal. Copy alamat website tersebut dan masukan di yahoo search dengan format "linkdomain: url tersebut". Gunanya adalah untuk mencari berapa banyak website lain yang mencantumkan link halaman tersebut atau disebut juga backlink. Jika jumlahnya ratusan lupakan untuk bersaing dengannya. Maju ke kompetitor nomor 2 dan lanjutkan sampai nomor 10. Jika masih memungkinkan untuk dikejar, gunakan kata kunci ini dan kita akan mulai membuat isi artikel. Jika tidak, mulai lagi dari langkah awal. Anda mau blog atau artikel Anda berada di halaman awal SERP (Search Engine Result Page) dengan waktu yang cepat bukan? Memang mencari kata kunci yang tepat akan memakan waktu lama. Menggunakan kata kunci yang banyak saingannya juga bukan berarti tidak bisa masuk ke halaman awal di SERP, tapi waktu yang Anda butuhkan mungkin akan bertahun-tahun apalagi jika PageRank website tersebut sangat tinggi.

Sekedar tips lain, coba install google toolbar jika Anda menggunakan firefox, memudahkan Anda melihat PR dari halaman website tertentu.

Jika sudah menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat memulai membuat artikel Anda sekarang.

Tips dalam membuat artikel:
  1. Usahakan judul artikel mengandung kata kunci.
  2. Sisipkan kata kunci pada awal artikel dan akhir artikel dan maksimal pada setiap 100 kata.
    Kenapa? Ketika google masuk ke blog Anda, ia akan menemukan kata2 yang sama di judul dan isi artikel tersebut, maka G akan menganggap artikel tersebut sesuai dengan judulnya. Jika kata kunci tersebut berlebihan, maka google akan menganggapnya spam.
  3. Tebalkan kata kunci pada awal artikel.
  4. Sisipkan link balik ke artikel tersebut pada salah satu kata kuncinya.
  5. Buat minimal 400 kata dalam satu artikel.
  6. Jangan mengkopi artikel orang lain karena Google sangat mengharamkan dupikasi.

Menurut pengamatan saya, ada 2 hal yang akan membuat pengunjung meng-klik iklan yang dipasang.
  1. Artikel Anda sangat menarik sehingga pengunjung betah membacanya dan berusaha untuk mencari artikel lain yang mirip di iklan.
  2. Artikel Anda sangat tidak menarik sehingga pengunjung Akan mencari solusi lain dan ketika melihat judul iklan (yang kebanyakan menarik), pengunjung akan memilih untuk mengklik iklan tersebut.
Beberapa tips dari saya untuk membuat artikel yang menarik:
  1. Pada bagian awal, isilah dengan masalah yang kira2 dihadapi orang sesuai dengan kata kunci tadi.
    Contoh: Anda menyerah mempromosikan website Anda? Setiap hari Anda mengikuti nasihat semua orang di Internet untuk mendaftarkannya di ratusan direktori, tetapi pengunjung yang masuk ke website Anda hanya hitungan jari per harinya.
  2. Isikan dengan pengalaman Anda sendiri (jika ada).
    Contoh: Saya dulu mengalami hal seperti itu, setiap hari saya menghabiskan waktu hanya untuk mempromosikan website saya, mendaftarkanya di direktori, mendaftarkan diri di forum dan membuat komentar di blog orang lain. Tetapi website saya bahkan tidak muncul di 100 awal hasil pencarian Google.
  3. Tawarkan solusinya.
    Contoh: Tetapi sekarang tidak lagi, saya menemukan sebuah cara yang tidak terpikirkan oleh orang lain, sebuah cara yang akan membuat Anda kesal karena sebenarnya itu adalah cara yang sederhana. Silakan Anda baca artikel saya yang berjudul "Bagaimana Mencari Uang di Internet dengan Blog #2" <-- Contoh.
Jika sudah, maka saatnya Anda memasang penghasil uang Anda di blog atau halaman artikel Anda.

Seperti pada contoh artikel pertama yang mengunakan Kumpul blogger, ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang di Blog Anda. Perhatikan bahwa saya tidak menggunakan bisnis afiliasi atau reseller. Saya hanya akan menggunakan iklan baris sebagai penghasil uang pertama Anda. Untuk bisnis afiliasi dan lainnya akan saya bahas di artikel lain.

Yang dapat Anda sisipkan di blog Anda:
1. Iklan baris seperti adsense dan kumpul blogger.
2. Iklan yang disimpan di teks seperti adbrite dll

Untuk memperpendek artikel ini, saya sudah membuat satu artikel list perusahaan iklan yang dapat anda sisipkan pada blog Anda.

Pada artikel "Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Internet Dengan Blog #3" saya akan mencoba membahas promosi yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog Anda dikunjungi orang lebih dari 1000 orang per hari dan bagaimana memaksimalkan blog Anda supaya mudah dibaca oleh Google.

Mudah2an atikel saya membantu Anda menghasilkan uang pertama dari Internet.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

7 comments:

  1. Luar biasa artikel seperti ini sebelumnya pernah saya dapatkan dari AHIRA, sempat saya terlupakan. Dengan artikel ini, saya ter remind untuk mgingat-ingat kembali, yang dahulu pernah saya daatkan di AHIRA. By the way saya mau tanya nih..mudah-mudahan dapat memberikan masukan... 1. Blog saya ini dengan nama domain http://budi-timcompany.com, apakah menjual????. 2. Article saya khusukan bicara tentang keadaan suatu kota, yaitu kota Bogor, karena saya tinggal di Bogor. 3. Kalo setelah melihat Blog dengan nama domain : http://www.budi-timcompany.com ini, apa masukannya. Terima kasih masukan yang baik, semoga mau kasih masukan lagi. terima kasih. http:www.budi-timcompany.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjunganya. saling silaturahim insya allah bisa memperluas pintu rizki. salam sukses. Ayok. 0818482233 http://cintabisnis.com

    ReplyDelete
  3. Artikel yang bagus untuk dipraktekan didalam memulai membuat produk sendiri maupun memasarkan melalui marketer affiliasi. Saran, tips dan trik yang layak dicoba.

    ReplyDelete
  4. mangstab, tapi yang sukses cari duit dari Indonesia baru dikit :(

    ReplyDelete
  5. Artikelnya bagus, saya punya toko online yang menjual produk fisik yang alhamdulillah lebih menghasilkan ketimbang bisnis affiliasi yang saya ikuti (udah menghasilkan, tapi masih dikit).
    Ke depan saya berharap keduanya sama-sama menghasilkan pasif income yang besar. dan artikel ini sangat membantu, thanks

    ReplyDelete
  6. mantap banget dan siip banget,jd tambah pd nih liat artikel artikelnya,amat sangat membantu

    ReplyDelete
  7. thanks atas infonya sob...perlu saya coba lain kali.

    ReplyDelete

Silakan isi komentar atau Pertanyaan Anda disini. Tentu saja dofollow, lumayan nambah backlink buat blog Anda tapi plz jangan ngejunk atau spam. Komen akan saya moderasi dan yang menarik dijamin akan saya approve. Thanks.

Web Hosting Indonesia Get Chitika Premium