Tuesday, January 26, 2010

Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog #1

Banyak orang bertanya kepada saya "Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog". Jawaban saya "Mudah dan banyak caranya". Tidak heran bisnis online menjadi sangat populer sekarang, perusahaan besar berlomba-lomba mempromosikan bisnis mereka di intenet, sementara pengguna layanan internet makin banyak membuat pasar bisnis terbuka sangat lebar.

Lalu muncul berbagai pertanyaan lagi:
  1. Apakah harus mengeluarkan modal awal?
  2. Apakah saya harus bisa membuat website?
  3. Lalu apa yang harus saya isi di website saya?
Jika Anda mencari di google akan jawaban ini, mungkin Anda hanya akan menemukan website yang terlihat seperti ingin mengajari Anda dengan gratis, tetapi sebenarnya mereka menjual produk atau jasa mereka. Tidak salah memang, mengingat untuk menguasai ilmu ini diperlukan waktu bertahun-tahun. Tak heran jika banyak internet marketer yang menyimpan rahasia kekayaan ini. Tetapi tenang saja, saya tidak memungut bayaran apapun untuk ini. Saya akan mengajarkan Anda untuk dapat memulai bisnis di internet. Masih banyak ruang di internet untuk kita semua, dan juga memberikan rahasia ini tidak akan membuat saya jatuh miskin.

Kembali ke pertanyaan diatas, Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog?
Saya yakin Anda sudah sering mendengar cerita sukses internet marketer, bahkan ada yang mendapatkan uang lebih dari $1.000.000 dalam waktu 1 hari! Tetapi yang Anda tidak tahu, 99% marketer lainnya ternyata gagal, bahkan dalam mencari $100 sebulan-pun tidak berhasil. Lalu apa yang membuat mereka gagal? 99% dari mereka menyerah pada bulan pertama. Hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis ini adalah mungkin Anda tidak akan mendapatkan apa2 dalam waktu 3 bulan pertama.

Jika Anda sudah berniat untuk memulai bisnis ini, yang perlu Anda ketahui sekarang adalah saya hanya akan mengajarkan bagaimana cara menghasilkan uang dari internet dengan cara termudah, artinya lupakan dahulu semua metode yang Anda tahu tentang bisnis ini, termasuk bisnis afiliasi, forex, dll. Saya hanya akan menggunakan program iklan untuk menarik uang dari internet dan Anda tidak perlu membuat website, cukup blog. Membuat blog itu mudah, Anda hanya perlu mendaftar ke blogger.com dan dapat langsung mengisinya. Kemudian Anda tinggal memasang program iklan seperti adsense. Jika pengunjung meng-klik iklan tersebut, Anda mendapat bayaran, gampang kan?

Bagian tersulit dari pekerjaan ini adalah mempromosikan blog Anda. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan yaitu:
  1. Menggunakan program iklan berbayar
  2. Menggunakan lalu lintas bebas yang didapat dari penerapan metode SEO dan promosi yang tepat. Kelemahannya adalah memakan waktu.
Saya tidak akan membahas bagaimana cara mencari pengunjung dengan program iklan berbayar, karena saya yakin Anda pasti lebih tertarik jika menggunakan lalu lintas gratisan.

Ini adalah gambaran apa yang akan Anda lakukan beberapa hari ke depan. Pertama Anda akan membuat blog dengan topik tertentu (niche), mengisinya dengan isi yang menarik, mendaftarkannya ke mesin pencari (google, yahoo, dll) lalu menunggu sampai google menaikan blog Anda ke halaman pertama dan memberikan Anda pengunjung untuk meng-klik iklan di blog Anda. Terdengar sederhana tapi belum selesai sampai disini, yang sering dirahasiakan oleh para internet marketer adalah untuk membuat program ini menghasilkan, dibutuhkan puluhan blog bukan hanya satu. Blog inti Anda hanya satu dan sisanya Adalah blog yang berisi iklan dan artikel yang tidak terlalu menarik dan diharapkan pengunjung akan meng-klik iklan yang jauh lebih menarik menurut mereka. Selain itu, blog tersebut bertugas untuk mensuport blog inti Anda dan memberikan banyak backlink. Tehnik ini disebut dengan Dummy Blogging atau Spam Blog. Memang cara ini dilarang oleh google tetapi tahukah Anda bahwa hampir semua internet marketer yang berhasil menghasilkan uang banyak ternyata melakukannya.

Ok sekarang saya akan masuk ke bagian detil mulai dari awal. Pertama Anda harus membuat akun di blogger.com, jika Anda sudah memiliki Akun google, Anda tinggal mengisinya dengan username dan password Anda. Lanjutkan kebawah jika sudah. Prosesnya hanya memakan waktu kurang dari 10 menit.

Jika sudah, kita akan membuat sebuah blog dengan topik tertentu, untuk sekarang kita akan menggunakan topik bebas, misalnya "bagaimana cara menghasilkan uang di internet dengan blog" seperti topik artikel dan blog ini.

Kemudian kembali ke blogger dan kita akan memilih pilihan membuat blog baru. Isikan bagian nama blog dan alamat blog dengan topik kita tadi, Untuk alamat blog, Anda dapat mengisinya menggunakan tanda minus (-) contohnya mencari-uang-di-internet.blospot.com. Menggunakan metode ini akan menambah kemungkinan blog Anda lebih cepat naik ke halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

Setelah selesai, Anda akan diminta untuk mengisi kode verifikasi yang gunanya adalah untuk menghindari software otomatis yang bertugas untuk membuat ribuan spam blog. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih template, pilih minima karena sederhana dan tidak rumit untuk membuatnya "search engine friendly". Klik tombol continue dan akan ada konfirmasi bahwa blog Anda sudah dibuat.

Sekarang masuk ke setting dan isikan deskripsi website Anda, pastikan anda mencantumkan topik Anda minimal 1 kali disini. Trik ini berguna untuk mengoptimalkan halaman website Anda terhadap google. Ada beberapa seting lanjutan yang harus Anda lakukan untuk membuatnya optimal tetapi jangan perdulikan hal ini sekarang, Anda akan mempelajarinya di bagian kedua artikel ini.

Buat artikel baru dengan memilih tab "posting" dan menu "new post". Sekarang dihadapan Anda terdapat dua kotak, judul dan isi. Masukan judul sama dengan topik diatas yaitu "Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog" dan buatlah sebuah Artikel singkat tentang topik tersebut dibawahnya. Yang perlu diperhatikan adalah keyword density atau kepadatan kata kunci, sisipkan kata kunci diatas kedalam kalimat-kalimat di artikel Anda, maksimal satu kali untuk setiap 100 kata. Anda dapat melihat contohnya pada artikel ini. Jangan terlalu banyak menyisipkannya atau google akan mengira Anda spam.

Gunanya menyisipkan kata kunci ini adalah supaya google menganggap Artikel ini sangat sesuai dengan judul dan kata kuncinya. Jika tidak terdapat kata tersebut, google akan mengira isi artikelnya tidak berhubungan dengan judulnya dan alhasil artikel Anda tidak akan masuk ke halaman pertama google SERP.

Jika sudah selesai membuat artikelnya, masukan label untuk artikel tersebut. Untuk artikel ini, saya mengisinya dengan pemula. Kemudian klik publish post dan Anda telah berhasil membuat artikel pertama saya.

Cara termudah di Indonesia untuk menghasilkan uang adalah dengan program kumpulblogger.com karena dijamin pasti membayar dan saya sudah bergabung sejak 2 tahun lalu. Gunakan banyak blog dengan topik yang berbeda-beda untuk memaksimalkan program ini.
Silakan Anda mendaftar dulu di kumpulblogger lalu daftarkan blog Anda disana.
Untuk menyisipkan iklan seperti kotak iklan di sebelah kanan ini, pilih menu "Script Text Advertising untuk Blog Anda". Pilih tampilan yang Anda suka dan sisipkan kode tersebut di blog Anda. Caranya: copy dulu kode tersebut, kemudian masuk ke akun blogger Anda dan klik di tab "layout" -> "Page Elements". Anda akan melihat kotak-kotak layout blog Anda. Untuk menambahkan kode tersebut dibagian yang Anda inginkan, klik di "Add a gadget" (tergantung dimana posisi iklan mau Anda simpan) lalu sisipkan disana. Jika sudah Anda dapat melihat bagaimana iklan tersebut terlihat. Bereksperimenlah dengan berbagai jenis iklan dan penempatan sehingga sesuai dan tidak merusak estetika blog Anda.

Artikel "Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet dengan Blog" ini akan saya lanjut ke bagian kedua minggu ini, garis besarnya adalah panduan mencari kata kunci yang menjual dan memilih program lain selain kumpulblogger. Jadi bookmark dulu blog ini dan mampir lagi, ok. Thanks for reading.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

11 comments:

  1. Yang orang sering lupa, adalah kalau mencari uang di internet itu adalah proses, bukan jalan pintas menjadi kaya raya.

    Sama kok dengan membuka toko, bisnis online juga perlu waktu untuk tumbuh dan menghasilkan.

    ReplyDelete
  2. @kafesantai: itulah sebabnya 90% dari mereka gagal... itulah juga sebabnya banyak orang tertipu dgn bisnis di internet, yang biasanya memberi janji2 muluk...

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bagus banget, apalagi buat pemula kayak saya, banyak masukna untuk belajar. dan saya juga setuju dengan kafe santai, bisnis internet, bukan bisnis cepat kaya, jadi harus melewati prosesnya... keep on the good posting.

    ReplyDelete
  4. Sebagai pemula yang perlu ditekankan diawal adalah jangan terlalu muluk-2, sebab bisnis internet itu tidak gampang, susah juga tidak.

    Sebaiknya cari saja seorang guru yang bisa membimbing kita, sebenarnya nyari2 artikel gratis jg bisa, hanya saja sebagai newbie kita sering tidak fokus karena informasi yang terlalu banyak

    ReplyDelete
  5. Kunjungan balik nih bro... tq dah mampir ..

    ReplyDelete
  6. It's just the beginning. baru langkah satu. pasti masih banyak lagi yang harus dilalui. Butuh kesabaran agar bisa mendapatkan uang lewat blog.

    Teruskan bro. semoga sukses memetik duit lewat internet

    ReplyDelete
  7. artikel yang sangat bermanfaat bro, tetap berkarya dan sukses selalu

    ReplyDelete
  8. Artikel nya bagus dan berguna bagi kita yang ingin belajar ngeblog seperti saya boss, aku akan belajar lewat blogmu boss, berkaya terus sukses selalu boss.

    ReplyDelete
  9. Wah makasih banget buat free artikelnya yg mencerahkan. Newbie seperti saya seringkali tersesatkan dgn banyaknya informasi di internet (fraud information) apalagi dengan embel2 cepet kaya, kaya dgn gampang, kaya mendadak padahal kenyataannya ga segampang itu. Untuk meraih SERP's Google di halaman pertama aja belum bisa hehe...Chayooo^_^

    ReplyDelete
  10. Wah, memang butuh proses, step by step. Gak bisa langsung jadi.

    ReplyDelete
  11. Salam kenal ya gan.....from blogger newbie

    ReplyDelete

Silakan isi komentar atau Pertanyaan Anda disini. Tentu saja dofollow, lumayan nambah backlink buat blog Anda tapi plz jangan ngejunk atau spam. Komen akan saya moderasi dan yang menarik dijamin akan saya approve. Thanks.

Web Hosting Indonesia Get Chitika Premium