Saturday, February 13, 2010

Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet Dengan Blog #3

Masih berminat untuk mencari tahu bagaimana cara mencari uang di internet? Bagaimana blog yang sudah Anda buat? Ada kemajuan? Sudah menghasilkan? Kalau belum, mungkin Anda melupakan hal yang satu ini. Promosi blog Anda.

Ok, begini alasan kenapa kita perlu mempromosikan blog kita. Ketika pertama kali kita membuat blog, dapat diibaratkan seperti pindah rumah,yang tahu cuma pak RT dan tetangga dekat, dalam hal ini adalah blogger dan google. Keuntungan Anda tetap berada di lingkungan google adalah Anda sudah langsung terdaftar sebagai penghuni. Sekarang coba cek alamat blog Anda di google, caranya dengan menuliskan alamat blog Anda dengan menggunakan tanda kutip. Kalau belum ada, tunggu 1 atau 2 hari.

Tetapi walaupun google sudah mencantumkan alamat blog Anda di databasenya, posisi blog Anda sekarang jika dicari dengan kata kunci Anda mungkin paling terakhir atau bahkan tidak ada sama sekali. Perlu diingat bahwa blog Anda harus berada di halaman awal google untuk mendatangkan pengunjung.

Bagaimana cara mempromosikan blog Anda? Banyak hal yang dapat Anda lakukan, mulai dari cara yang natural atau cara curang. Inti dari promosi ini tentunya Anda ingin mendatangkan pengunjung ke blog Anda, dikenal dengan istilah traffic. Traffic atau lalu lintas pengunjung blog Anda dapat Anda dapatkan dengan 2 hal, free traffic dan paid traffic. Paid traffic adalah jika pengunjung datang ke blog Anda melalui iklan yang Anda bayar dan free traffic adalah pengunjung gratisan, inilah yang akan kita cari tentunya. Tujuan pastinya adalah bagaimana caranya blog kita berada di halaman awal SERP dengan kata kunci yang kita mau. Waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung kata kunci, umur blog dan promosi blog Anda. Tetapi dengan tehnik yang natural dan normal, dalam waktu minimal 3 bulan, blog Anda seharusnya sudah berada diatas. Bagaimana caranya?

Dalam tehnik pemasaran di internet, dikenal 2 tipe cara pemasaran yaitu , whitehat marketting dan blackhat marketting. Saya tidak akan membahasnya lebih dalam, intinya adalah whitehat = cara jujur, blackhat = cara curang.

Oh ya hampir lupa, Google memberikan rating pada setiap website di databasenya, disebut dengan PageRank (PR). Nilainya adalah dari 0-10. 0 adalah yang paling rendah dan 10 adalah yang paling tinggi. Nilai PR dapat berbeda2 pada setiap halaman blog Anda. Google memberikan nilai PR dengan menggunakan alogaritma yang sangat rumit dan tidak ada satu orangpun yang tahu bagaimana cara google memberikan nilai PR selain staff Google sendiri. Sederhananya adalah jika website Anda berguna dan original, juga disukai banyak orang maka pasti nilai PRnya akan tinggi.

Apa fungsi PR yang tinggi? Nilai PR tinggi dapat mempertahankan posisi blog Anda di halaman awal SERP tentunya sesuai dengan kata kunci Anda. Walaupun beberapa kali saya menemukan website dengan PR rendah yang bertengger di nomor 1 google SERP. Tapi saya yakin website ini akan segera hilang, mungkin ini hanyalah "google dance" atau PRnya belum di update. Jika Anda menemukan website dengan PR tingi yang berada di halaman 2 atau lebih SERP, mungkin kata kunci yang Anda gunakan tidak tepat atau memang saingannya banyak.

Kombinasi nilai PR yang tinggi dan kata kunci yang tepat akan memastikan blog Anda berada di posisi tinggi.

Bagaimana cara mendapatkan PR tinggi?
  1. Artikel Original, atau setidaknya terlihat seperti original.
  2. Memiliki banyak backlink atau link balik ke blog Anda.
Saya tidak akan membahas apa itu fungsi artikel yang original. Pastinya jika artikel Anda tidak original, Google akan mengurangi rating blog Anda.

Apa itu Backlink?
Backlink adalah link balik menuju blog Anda. Backlink yang baik adalah jika datang dari website atau blog yang memiliki kemiripan kata kunci dan nilai PR yang tinggi. Jika Ada 10 website/blog dengan PR 7 mencantumkan link halaman Anda, maka seharusnya Anda memiliki PR antara 2-5. Google tidak setiap hari meng-update database PRnya, jadi jangan heran jika ternyata blog Anda belum memiliki PR walaupun sudah memiliki ratusan backlink.

Bagaimana cara melihat PR?
Install google toolbar atau addon dari firefox.

Bagaimana cara mendapatkan backlink? Ini yang paing penting!
Banyak cara tentunya selain mengirim email ke sebuah website memohon link, lupakan hal ini.
Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan backlink dan traffic:
  1. Mendaftar ke ribuan internet direktori. Daftarkan blog Anda ke ribuan internet direktori tentunya akan membantu menaikan PR anda, tapi ingat, direktori tersebut biasanya tidak akan langsung mencantumkan blog Anda sebelum melalui proses review. Karena jumlahnya banyak, cicil pendaftaran ini sekitar 50 sampai 100 per hari.
  2. Mengisi kometar di blog orang lain, tentunya blog yang sesuai dengan kata kunci Anda dan isi alamat website. Lebih baik jika blog tersebut memiliki atribut dofollow. Apa itu dofollow? Penjelasannya nanti lihat dibawah.
  3. Mendaftarkan blog Anda di ratusan situs social bookmarking. Apa itu situs social bookmarking? Intinya adalah situs tersebut mengijinkan membernya untuk berbagi link favorit mereka dan terkadang memberikan rating untuknya. Beberapa situs ini terbukti ampuh mendatangkan traffic yang tinggi seperti stumbleupon dan digg.
  4. Mencantumkan link Anda di ribuan forum di internet. Biasanya Anda diijinkan untuk mencantumkan link Anda di signature Anda.
  5. Mendaftarkan blog Anda di ribuan situs statistik seperti alexa dll.
  6. Membuat artikel lain dengan kata kunci yang sama dan mengirimkannya di situs artikel seperti ezine, dll. Tentunya anda mencantumkan alamat blog Anda dibagian author.
  7. Mendaftarkan website Anda di situs iklan baris, yang biasanya gratis. Mungkin tidak akan menambah link ke website Anda tapi tentunya dapat mendatangkan pengunjung.
  8. Membuat video dan mempostingnya di youtube dan mencantumkan link Anda disitu.
  9. Membuat template blog jika Anda bisa dan mencantumkan link Anda di footernya. Jika template Anda menarik, coba bayangkan berapa banyak orang yang memakainya dan memberikan Anda bonus link.
  10. Memuat widget dan addon yang menarik dan mencantumkan link Anda.
  11. Mendaftarkan XML/RSS feed anda di website feeder.
  12. Mempromosikan blog Anda di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll. Tentunya akan menambah pengunjung ke blog Anda.

Nah, ini hanya sebagian saja, tapi dijamin akan membuat PR blog Anda semakin tinggi!

Apa itu dofollow?
Google telah menambahkan sebuah atribut baru pada link html yaitu dofollow. Fungsinya adalah ketika robot pencari mereka menemukan link dofollow, mereka akan mengikuti link tersebut. Sebaliknya pada atribut nofollow, bot tersebut tidak akan memperdulikannya dan tidak memberi nilai pada link tersebut. Teorinya adalah website/blog dengan link dofollow akan memberikan point kepada link tersebut sesuai dengan PR yang dimilikinya, terkadang disebut juga link juice oleh para internet marketer. Bagaimana cara mengetahui blog memiliki link dofollow atau tidak? Install nodofollow addon pada firefox.

Nah, ada lagi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan link yang sesuai dengan kata kunci Anda. Gunakan Anchor text. Apa itu Anchor text?
Anda melihat link di halaman ini yang berupa kata-kata? Bukan alamat url? Ya, itu adalah anchor text. Anchor text adalah penjelasan dari link tersebut. Jadi logikanya akan terlihat seperti ini "Bagaimana cara mencari uang di internet = http://wessmencariuang.blogspot.com". Sudah mengerti?

Hal yang perlu dihindari dalam mencari backlink:
  1. Tidak natural, 1000 komentar di blog dalam 1 hari akan membuat google curiga. Apalagi jika umur blog Anda masih hitungan hari.
Yang barusan Anda baca adalah tehnik whitehat, sekarang bagaimana dengan tehnik blackhat?
Tehnik blackhat biasanya menggunakan software otomatis untuk melakukan semua pekerjaan Anda diatas. Beberapa software yang terkenal adalah Xrumer, Directory submitter, dll. Bahkan membuat ratusan artikel yang mirip tapi tidak dianggap duplikat dapat dilakukan dengan mudah menggunakan software. Cara lain yang populer seperti linkfarm dan blogfarm. Selain itu masih banyak tehnik blackhat lainnya yang dapat digunakan untuk menaikan PR halaman kita. Tehnik ini dilarang oleh google, walaupun secara teori google tidak mungkin dapat mendeteksinya jika dilakukan dengan baik.

Saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakan cara blackhat, tapi jika Anda bertanya apa software yang terbaik untuk ini, jawabannya adalah Xrumer. Xrumer dapat melakukan otomatisasi untuk Anda seperti membuat komentar di blog, membuat komentar di forum dll dan yang menarik adalah Xrumer dapat dilatih untuk membaca kode gambar atau captcha.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan software directory submitter untuk memperingan tugas Anda, software ini bekerja semi otomatis yang akan membuat Anda tidak perlu mengisi formulir, hanya melakukan pengecekan dan mengisi captcha saja.

Walaupun tehnik blackhat mempermudah proses promosi blog Anda, tapi untuk melakukanya terkadang diperlukan dana yang cukup besar. Saya sih menyarankan Anda untuk tetap di jalur whitehat karena bagaimanapun caranya, jika kata kuncinya tepat dan blog Anda aktif, peringkat Anda tentu saja akan naik.
Terakhir, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan yaitu:
  1. Install google analytic untuk melihat statistik pengunjung blog Anda.
  2. Daftar blog Anda di Google webmaster dan submit sitemap blog Anda.
  3. Tambah artikel baru di blog Anda minimal 1 artikel per 3 hari untuk memastikan Google akan menganggap blog Anda aktif.
Seharusnya sekarang Anda sudah mulai mengerti tentang cara promosi di Internet, silakan Anda coba dahulu. Sebagai catatan bahwa tidak mungkin blog Anda akan langsung naik ke nomor satu dalam waktu satu hari kecuali server Google mengalami gangguan teknis, jadi sabar dan lakukan pekerjaan ini setiap hari. Luangkan waktu 1-2 jam untuk mendaftarkan blog Anda. Saya yakin dalam waktu 1 atau 3 bulan, blog Anda akan naik ke peringkat yang lebih tinggi, tentunya dengan pengunjung yang lebih banyak.

Beberapa artikel lain yang lebih terperinci sedang saya susun jadi jangan lupa untuk berkunjung kembali. Have fun making money online!
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

14 comments:

  1. nice infonya sob, salam kenal dari q & jgn lupa mampir juga ya

    ReplyDelete
  2. wah infonya bagus lengkap banget ru nyadar gw :D

    ReplyDelete
  3. punya tips buat liat alamat backlink suatu blog ato website gak gan

    ReplyDelete
  4. @money share: kalau saya pakai addon mozila bro, atau kalau mau coba banyak free tools di internet contohnya www.backlinkwatch.com, selain itu juga bisa di lihat di google webmaster tools dan yahoo search...

    ReplyDelete
  5. Really would like to say thanks to all of you guys. Sharing Knowledgeble information here.California swimming pools

    ReplyDelete
  6. makasi ya??? udah nagsitau kereeen euy

    ReplyDelete
  7. thax bro infoy..
    d tggu info lainnya

    ReplyDelete
  8. Great post.Want to Link Exchange? Thank you http://gratis-ebooks.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. wah infonya bagus banget nih.. akhirnya saya menemukan master PR. mohon bimbingannya ya dan izin bookmark dulu

    best regards
    content99.wordpress.com
    http://content99.wordpress.com

    ReplyDelete
  10. infonya menarik..
    saya berharap lainkali ada penjelasan blog farm berikut diagramnya..
    mks

    ReplyDelete
  11. okay dehhh,,, thankz gan atz infonya, mau nanya dikit gan, apakah dengan blogspot kita bisa mendapatkan uang? dan bagaimana caranya? terima ksih... ^^

    ReplyDelete

Silakan isi komentar atau Pertanyaan Anda disini. Tentu saja dofollow, lumayan nambah backlink buat blog Anda tapi plz jangan ngejunk atau spam. Komen akan saya moderasi dan yang menarik dijamin akan saya approve. Thanks.

Web Hosting Indonesia Get Chitika Premium