Monday, February 22, 2010

Panduan SEO Untuk Pemula

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimizer artinya bagaimana mengoptimisasi website Anda terhadap mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Tehnik SEO yang baik akan membuat website Anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dan hasilnya beberapa mesin pencari akan memberikan peringkat untuk website Anda. Ketika seseorang mencari informasi tertentu di mesin pencari, tentunya atas kata kunci tertentu, maka website yang memiliki kata kunci yang paling mirip dan ranking paling tinggi akan dimunculkan pada halaman pertama. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mengoptimalkan website Anda sehingga mesin pencari akan memunculkan website Anda dihalaman pertama. Ini adalah Panduan SEO untuk pemula, artinya jika Anda belum pernah tahu tentang SEO atau sudah pernah mencoba tetapi belum mendapatkan hasil yang maksimal, silakan baca panduan singkat ini.

Ada 5 hal penting yang akan menentukan tinggi rendahnya ranking website Anda menurut SEOMOZ.

  1. Anchor Text di Backlink dan kata kunci
    Apa itu Anchor Text? Anchor text adalah "nama" dari alamat url/link yang menuju website Anda. Link yang menuju website Anda disebut dengan Backlink. Semakin banyak backlink yang menuju website Anda artinya semakin tinggi ranking Anda.

    Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah website dengan nama "Bisnis Online Maniac" maka link yang seharusnya menuju website Anda adalah seperti ini Bisnis Online Maniac bukan Bisnis Online

    Kesimpulan, Gunakan anchor text yang sesuai dengan kata kunci yang Anda ingin optimalkan.

    Selain itu kesalahan dari banyak pemula SEO adalah kata kunci yang salah dengan tidak memperhitungkan berapa banyak orang yang mencarinya dan berapa tinggi kompetisinya. Silakan baca Artikel saya di "Bagaimana cara mencari uang di internet dengan blog #2" untuk mempelajari salah satu cara mencari kata kunci yang tepat.

    Anchor Text pada backlink dan kata kunci yang tepat akan bernilai 73% dalam menentukan ranking website/blog Anda.

  2. Popularitas backlink
    Usahakan backlink ke website Anda berasal dari website yang memiliki tema yang sama, apalagi dengan ranking yang tinggi dan tentu saja dengan anchor text yang sesuai. Inilah yang disebut dengan backlink berkualitas.

    Faktor lain yang menjadi pertimbangan adalah dofollow dan nofollow link. Nofollow link adalah atribut baru dari google, dimana link nofollow tidak akan memberikan banyak point untuk website tersebut. Perlu diketahui bahwa link nofollow hampir tidak ada nilainya untuk SEO walaupun masih tetap dianggap sebagai backlink. Inilah yang disebut dengan backlink yang berkuantitas, artinya backlink tersebut bernilai jika jumlahnya banyak.

    Popularitas dari backlink bernilai 71% dalam menentukan ranking website Anda.

  3. Keragamanan sumber backlink Anda
    Maksudnya Adalah jangan menyimpan banyak backlink pada satu website, Google hanya akan menghitungnya sebagai satu. Setelah Anda menitipkan link tersebut, cari website yang lain dan titipkan link Anda disana lalu cari lagi website lain dan begitu selanjutnya.

    Usahakan backlink Anda berada di domain yang memiliki alamat IP yang berbeda-beda.

    Keragaman sumber backlink Anda bernilai 67% dalam menentukan ranking website Anda

  4. Kata kunci di judul halaman
    Google menyukai kata kunci yang disimpan di judul halaman, memudahkan mereka mencatatnya pada database mereka. Sedangkan yahoo menyukai jika Anda mencantumkan tag meta pada kode html Anda. Silakan lihat tutorial saya yang lain di SEO Tips Untuk Blogger

    Seperti artikel ini, saya menyimpan nama artikelnya di judul halaman dan juga pada metanya. Jika ada orang yang mencari di google dengan kata kunci "Panduan SEO untuk pemula" maka mungkin artikel ini berada di halaman pertama, tetapi jika ada yang mencarinya dengan kata "Lihat Panduan SEO untuk pemula" mungkin artikel ini tidak berada di halaman pertama. Perhatikan bahwa kata "lihat" dapat merubah hasil pencarian.

    Kata kunci di judul halaman bernilai 66% dalam menentukan ranking website Anda.

  5. Nama Domain
    Entah Anda hanya memiliki blog di blogger atau Anda memiliki website dengan alamat domain sendiri, pastikan bahwa nama domain tersebut sesuai dengan temanya. Misalnya jika Anda membuat website tentang hadiah valentine (bahasa Indonesia) maka lebih baik jika Anda memiliki website dengan nama hadiahvalentine.com atau hadiahvalentine.blogspot.com jika Anda membuat blog. Tetapi nama domain hanya akan bernilai jika kompetisinya terlalu tinggi. Memiliki nama domain yang sesuai akan menjadikan website/blog Anda berada di nomor 1 di Yahoo sedangkan di Google Anda tetap harus mencari backlink yang berkualitas.

    Nama domain yang tepat bernilai 66% dalam menentukan ranking website Anda.

Silakan Anda simpulkan sendiri artikel diatas. Jika Anda telah mengikuti 5 point diatas tetapi website Anda belum naik ke atas, maka bersabarlah.. Google memerlukan waktu untuk mencatat setiap backlink dan menghitung ranking website Anda. Proses ini dapat memakan waktu mulai dari 1 minggu sampai berbulan-bulan. Sementara itu cari backlink yang lebih banyak lagi.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

7 comments:

  1. makasih panduan SEOnya mas...

    lagi fokus cari backlink nih

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing a nice blog.I really like your post. The picture you have posted here is really very nice. Great post!

    ReplyDelete
  3. wah ....Benar sekali sob... Semua itu adalah theknik Seo yang masih i gunakan sampai saat ini baik oleh blogger pemula atau yang sudah malang melintang kesana kemari...

    Bertukar link juga bisa bisa menjadi theknik yang ampuh untuk menjaring Back link....
    Saya memiliki blog berpr 3...,
    siapapun bisa bertukar link dengan saya...
    hehehehhehehehe..., jika berminat perhatikan gambar exchange link pada side bar... klik disitu dan lakukan request...

    salam kenal dan salam hangat dari blogger Indonesia

    ReplyDelete
  4. Teknik SEO semakin kompleks juga nih, semakin banyak yang ngebahas seo semakin memudahkan belajar seo

    ReplyDelete
  5. thanks infonya mas.
    langsung saya praktekin yang poin nomor 1,hehehe....

    ReplyDelete
  6. yang paling menentukan kayaknya backlink deh

    ReplyDelete

Silakan isi komentar atau Pertanyaan Anda disini. Tentu saja dofollow, lumayan nambah backlink buat blog Anda tapi plz jangan ngejunk atau spam. Komen akan saya moderasi dan yang menarik dijamin akan saya approve. Thanks.

Web Hosting Indonesia Get Chitika Premium